TUMBUHAN PAKU : Manfaat Tumbuhan Paku

TUMBUHAN PAKU : Manfaat Tumbuhan Paku - Tumbuhan paku banyak ragamnya dan digolongkan beberapa klasifikasi tumbuhan paku. Ada beberapa manfaat tumbuhan paku, banyak diantaranya yang mempunyai bentuk yang menarik sehingga bagus untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias, paku dapat pula dimanfaatkan sebagai sayuran berupa pucuk-pucuk paku. Dari segi obat-obatan tradisional, manfaat tumbuhan paku pun tidak luput dari obat untuk segala jenis penyakit di kehidupan manusia.
Manfaat Tumbuhan Paku
 

Dilihat dari ciri-ciri tumbuhan paku, ada jenis-jenis yang daunnya manfaat tumbuhan paku dipakai untuk ramuan obat, ada pula yang rhizomanya. Batang paku yang tumbuh baik dan yang sudah keras, diperuntukkan untuk berbagai keperluan. Tidak jarang sebagai tiang rumah, paku dipakai untuk pengganti kayu, batang paku diukir untuk dijadikan patung-patung yang dapat ditempatkan di taman. Kadang-kadang dipotong-potong untuk tempat bunga, misalnya tanaman anggrek (Sastrapradja dan Afriastini, 1979).

 
Sejak dulu tumbuhan paku telah dimanfaatkan oleh manusia terutama sebagai bahan makanan (sayuran). Dewasa ini pemanfaatannya berkembang sebagai material baku untuk pembuatan kerajinan tangan, pupuk organik dan tumbuhan obat (Amoroso, 1990).


Nilai ekonomi manfaat tumbuhan paku terutama terletak pada keindahannya dan sebagai tanaman hortikultura beberapa jenis Lycopodinae yang suka panas digunakan sebagai tanaman hias dalam pot, dan paku kawat yang merayap yang digunakan dalam pembuatan karangan bunga, sedang sporanya kecil-kecil yang mudah terbakar karena kandungannya akan minyak, sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan kilat panggung (Polunin, 1990).


Banyak tumbuhan paku memiliki manfaat dan peranan penting dalam kehidupan manusia, antara lain :
1.    Tanaman hias : Adiantum (suplir), Platycerium (paku tanduk rusa), Asplenium (paku sarang burung), Nephrolepis, Alsophoila (paku tiang) dan lainnya.
2.   Bahan obat : Equisetum (paku ekor kuda) untuk antidiuretik (lancar seni), Cyclophorus , untuk obat pusing dan obat luar, Dryopteris untuk obat cacing pita,
Platycerium bifurcata untuk obat tetes telinga luar, dan Lycopodium untuk antidiuretik dan pencahar lemah dari sporanya.
3.      Bahan sayuran : Marsilea (semanggi), Pteridium aquilinum (paku garuda), dan lain-lain.
4.   Kesuburan tanah : Azollapinnata, karena mampu bersimbiosis dengan Anabaena (alga biru) sehingga dapat mengikat unsur nitrogen dari udara.
5.      Gulma pertanian : Salvinia natans (kayambang), pengganggu tanaman padi.

Demikianlah beberapa manfaat tumbuhan paku.



Thanks for reading: TUMBUHAN PAKU : Manfaat Tumbuhan Paku | Ukuran spandek

0 Response to "TUMBUHAN PAKU : Manfaat Tumbuhan Paku"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.